Apa sih manfaat  investasi? Pasti sebagian dari Anda ada yang berfikir seperti itu dan belum mengetahui sebenarnya apa saja manfaat yang bisa di peroleh jika melakukan investasi. Memang, kita tidak akan mengetahui bagaimana sesuatu jika tidak pernah mencobanya. Hal ini sama dengan investasi, Anda tidak pernah mengetahui bagaimana manfaat dan keuntungan investasi jika Anda tidak pernah menjalankan investasi.

Lalu kapan untuk bisa menjalankan investasi? Investasi bukan lah kegiatan yang terbatas dan memiliki keterbatasan. Artinya, bahwa investasi ini bisa di lakukan oleh siapa saja, dengan umur berapa saja. Masih muda pun Anda bisa melakukan investasi bahkan lebih baik jika investasi sudah di tanamkan sejak masih muda. Jika masih muda memang mungkin tujuan dalam berinvestasi ialah hanya belajar dan sebagai sarana mengumpulkan uang saja misalnya dengan berinvestasi deposito. Lalu apa sih manfaat atau keuntungan yang bisa di peroleh jika melakukan investasi?

Sebagai Dana Cadangan.

Salah satu manfaat investasi ialah sebagai dana cadangan. Dengan melakukan investasi, sama saja Anda menyiapkan dana cadangan. Anda bisa melakukan investasi namun di sisi lain sama artinya dengan Anda mencadangkan dana Anda untuk tujuan masa yang akan datang. Tentu daripada uang Anda gunakan untuk hal- hal yang kurang bermanfaat seperti nongkrong dan lain sebagainya maka akan lebih berguna jika Anda gunakan sebagai dana untuk berinvestasi.

Mengatur Keuangan Lebih Baik.

Siapa yang mengira bahwa dengan Anda melakukan investasi ini Anda sekaligus bisa belajar bagaimana mengatur keuangan dengan baik. Ya, melakukan investasi tentu sangat berkaitan dengan keuangan yang Anda miliki setiap bulan. Karena adanya investasi ini jadi Anda mau tidak mau jadi lebih selektif dalam mengatur keuangan yang ada. Bagaimana caranya agar Anda bisa mencukupi semua kebutuhan dan tetap bisa menjalankan investasi. Jadi, sama saja setiap bulannya Anda harus mengatur keuangan sedemikian rupa agar investasi juga bisa tetap bisa di lakukan.

Menghindari Sikap Boros.

Sikap boros sebenarnya bisa saja terjadi ketika seorang tidak mampu untuk mengatur keuangan yang di milikinya. Nah, salah satu hal yang bisa mencegah adanya sikap boros ialah dengan berinvestasi. dengan melakukan investasi tentu Anda harus menyisihkan penghasilan yang Anda peroleh untuk di sertakan dalam investasi yang Anda pilih. Memang, manfaat ini tidak langsung di rasakan, namun ini menjadi salah satu cara yang bisa membuat kebiasaan boros Anda tersingkir dengan kepentingan untuk pemenuhan kebutuhan dan investasi. Dengan melakukan investasi sejak masih muda sama saja Anda belajar untuk tidak boros dan bisa menentukan skala prioritas. Maka Anda akan lebih bijak dalam menentukan mana yang lebih penting dan harus di utamakan dan mana yang bisa di kesampingkan.

Menyiapkan Masa Depan.

Nah, seperti yang di ketahui bahwa tujuan dan manfaat  investasi ialah mendapatkan manfaat untuk masa depan. Dengan berinvestasi maka sama saja kita mengharapkan keuntungan atau manfaat di masa yang akan datang. Tentu setiap orang mempunyai harapan dan keinginan yang hendak di capai jadi melakukan investasi ini menjadi sarana untuk mencapai keinginan tersebut.

Menjalankan investasi tentu selain keuntungan yang di peroleh, ada beberapa manfaat yang bisa di dapatkan. Apalagi jika investasi di lakukan pada masa muda sehingga manfaat yang di peroleh lebih banyak. Semoga Bermnafaat.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments links could be nofollow free.