Kartu kredit saat sekarang bukan lagi barang baru bagi kebanyakan orang. Lebih jauh kartu kredit bagi sebagian orang sudah menjadi salah satu kebutuhan. Fitur utama yang ditawarkan kartu kredit yaitu sebagai alat pembayaran non tunai dan dapat juga melakukan tarik tunai melalui mesin ATM dan merchand-merchand yang disediakan pihak bank. Dari sekian banyak yang menggunakan produk ini masih banyak yang terjebak dalam penggunaan karena lost controll. Untuk menghindari hal tersebut, tulisan kali ini saya akan membahas tips menggunakan kartu kredit dengan bijak agar aman dan nyaman.

tips menggunakan kartu kredit

Kemudahan dan kenikmatan yang ditawarkan dompet elektronik ini seringkali orang terbuai bahkan tidak sadar apakah mereka sanggup melunasi yang ujung-ujungnya hutang menumpuk dan debt collector-pun menagih.

1.- Gunakan kartu kredit kebutuhan

Meski fungsi utama dari kartu kredit sebagai alat pembayaran non tunai yang sifat konsumtive anda harus dapat menahan diri. Hal yang pertama sekali anda harus dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kartu kredit memang menawarkan kenikmatan dan kemudahan bukan berarti anda bebas menggunakan tanpa batasan/control. Untuk Menghindari hal kemungkinan yang tidak di inginkan sebaiknya penggunaan kartu kredit pikirkan kembali apakah yang ingin anda beli benar benar kamu butuhkan atau hanya sekedar sifatnya pelengkap saja.

2.- Batasi jumlah kartu kredit anda

Tips menggunakan kartu kredit selanjutnya adalah upayakan kartu kredit anda tidak lebih dari 2. Sebenarnya pemerintah juga sudah membatasi penggunaan kartu kredti maksimal 2. Tujuannya untuk menghindari banyaknya terjadi kredit gagal bayar. Semakin banyak kartu kredit yang anda miliki kemungkinan besar anda semangkin sering menggunakannya tanpa control yang jelas,

3.- Batasi Limit kartu Kredit

Selain pembatasan jumlah kartu kredit, limit kartu kredit tersebut juga perlu anda atur. Dengan memiliki kartu kredit mesti sudah dapat memenuhi semua kebutuhan anda dalam berbelanja. Dengan memiliki 2 credit card, yang satu bisa anda gunakan untuk pembelian yang sifatnya kecil dan yang satu lagi untuk pembelian yang nilainya tinggi. Ingat tetap harus dikontrol jangan sampai belanja terus-terusan lupa kamu sanggup membayarnya.

4.- Tentukan Budget pemakaian kartu kerdit.

Kartu kredit masing-masing memiliki limit, misalnya waktu pertamakali anda menggunakan diberi limit 3-5juta. Buat batas atas atas penggunaan kartu kredit tersebut. Kalau bisa untuk mengantisapasi terjadinya gagal bayar jangan menggunakan limit maksimal yang atau melebihi limit yang ditentukan bank, karena hal tersebut kamu bisa didenda nantinya. Bila limit anda 5 juta sebaiknya buat limit pemakaian maksimal 3 juta.

5.- Pantau dan Gunakan Point Reward

Salah satu keuntungan yang ditawarkan kartu kredit ialah setiap kali anda berbelanja menggunakan kartu kredit secara otomatis point anda akan bertambah dengan sendirinya. Bila point yang anda miliki dapat ditukarkan berupa barang maupun bentuk promo menarik lainnya.

6.- Hindari Tarik Tunai.

tips menggunakan kartu kredit agar aman selanjutnya adalah dengan menghindari tarik tunai. Tarik tunai memang bukanlah suatu barang yang haram untuk dilakukan akan tetapi anda harus menyadari anda akan dibebankan bunga tarik tunai sebesar 4-5% perbulan. pertimbangkan sekali lagi gaji anda hanya cukup untuk membiaya kebutuhan anda tentu ini akan menjadi masalah tersindiri.

7.- Periksa tagihan anda dengan cermat

Setiap anda berbelanja menggunakan kartu kredit tentu akan mendapat tagihan kartu kredit yang dikirim melalui email maupun ke alamat rumah anda. Bilamana dalam tagiahan tersebut terdapat terdapat transaksi yang bukan anda lakukan segera hubungi bank penerbit kartu tersebut.

8.- Bayar seluruhnya biaya tagihan

Upayakan membayar semua tagihan sebelum tanggal jatuh tempo. Hal ini lebih baik dari pada anda mencicil sementara kebutuhan  lainnya juga akan segera tiba. Untuk informasi bisnis yang menguntungkan bisa ditemukan dengan klik link tersebut

Oke demikian tips menggunakan kartu kredit agar aman dan nyaman semoga anda terhindar dari jeratan kartu kredit yang bisa membawa kemelaratan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments links could be nofollow free.