Mendidik anak sejak usia dini agar suatu saat anak tersebut mempunyai karakter dan prilaku yang membanggakan memang penting, Sebab anak di usia dini sangat sensitif/peka terhadap apa yang dia lihat dan apa yang dia rasakan serta pendidikan yang dia terima baik dilingkungan formal maupun dilingkungan keluarga.

Menanamkan pendidikan berkarakter terhadap anak usia dini tidak bisa kita paksakan sesuai dengan kehendak kita sendiri, kita mesti pintar-pintar melihat dan membujuk anak tersebut agar kita bisa arahkan untuk yang lebih baik. Ada beberapa fungsi pendidikan karakter yaikni sebagai keteladan, intervensi, membiaskan anak untuk  membedakan mana yang baik dan buruk dan fungsi penguatan. dari semua fungsi pendidikan karakter diatas memang sudah pelajari di pendidikan formal seperti sekolah, tapi alangkah baiknya anda tidak memberikan tanggung jawab sepenuhnya kesekolah untuk membentuk karakter anak, sebab pendidikan karakterk tanpa mengurangi kepercayaan sekolah, pendidikan karakter dirasa lebih efektive bila dikuatkan dengan pendidikan karakter dilingkungan keluarga.

Pendidikan karakter

Anak adalah investasi masa depan keluarga bahkan bangsa ini, bila kita tidak membiasakan untuk berperilku terpuji tidak menutupi kemungkinan masa depan bangsa ini semangkin tidak jelas dari sekarang ini,tingkat kriminilatas semangkin tidak terkendali, angka korupsi semangkin meningkat, dan masih banyak lagi kejahatan-kejahatan yang kita tidak pernah bayangkan sekarang ini.

Fungsi dan tujaun pendidikan karekter bagi anak usia dini.

Diawal telah disinggung tentang fungsi pendidikan karekter anak usia dini,  kali ini saya akan mengupas secara terinci.

fungsi pendidikan karekter bagi anak usia dini:

  • fungsi keteladanan, dilingkungan keluarga anda sebagai orang tua harus memberikan contoh yang terbaik di depan anak anda, jadilah contoh seorang tauladan dikeluarga sebab anak akan meniru apa yang dia lihat terlebih orang terdekat dengannya.
  • fungsi Intervensi, secara perlahan anda mengajarkan serta mengarahkan agar anak mempunyai pola dan prilaku yang baik itu merupakan salah fungsi bentuk intervesi positive.Sebaliknya anak akan meniru  kita bila mengerjakan hal hal yang kurang terpuji bagi anak dan itu merupakan salah satu intervensi dalam bentuk intervensi negative.
  • Fungsi membedakan baik dan buruk. sejak dini anda sudah mengenalkan anak anda mana yang baik dan mana yang buruk tentu suatu anak tersebut tumbuh dan besar ia akan terbiasa dengan hal hal baik lagi terpuji dan begitu juga sebaliknya.
  • Fungsi penguatan. Bila anda secara terus menerus menanamkan pendidikan didalam keluarga itu merupakan salah satu pondasi dalam diri anak untuk menjalani kehidupan selanjutnya, tidak mudah terpengaruh hal hal yang bisa dirasakan merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga: Karakteristik Perkembangan dan pendidikan Anak Usia Dini

Tujuan pendidikan karakter bagi anak usia dinia:

  • Mengembangkan potensi anak dalam memilih pola dan sikap terhadap anak.
  • Membangun dan membiasakan hal hal yang baik terhadap anak.
  • Mengembangkan kemampuan anak agar nantinya lebih mandiri dan lebih kreative.
  • mengembangkan serta membiasakan untuk belajar.

Sekian pembahasan tentang Pendidikan karakter bagi anak usia dini dilingkungan keluarga semoga dengan membaca artikel ini semakin giat untuk membimbing anak agar berkarekter positive.

This article has 1 comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments links could be nofollow free.